cara mengunci folder

baca cermati dan pahamilah lalu terapkan semoga bermanfaat
CARA MENGUNCI FOLDER 


     Oke kali ini admin akan membagikan sedikit tutorian tentang bagaimana cara mengunci sebuah folder yang kita miliki pada windows. hal ini sangat penting apabila kita mempunyai folder penting atau folder pribadi karena kerap kali teman atau kerabat tidak mengetahui nya sehingga mereka bisa saja menghapus atau mengacak - acak folder tersebut

     Apa itu folder ? folder adalah sebuah tempat atau halaman di mana di dalam folder kita bisa menyimpan file - file lain nya , folder juga berguna untuk merapihkan file - file yang bererakan pada komputer agar terlihat lebih rapi.

    Dalam triks kali ini admin hanya meberikan untuk semata - mata hanya kepentingan pribadi bukan untuk menjahili orang lain. karena trik ini juga sering kali di pakai oleh manusia - manusia yang tidak bertanggung jawab untuk menjahili teman atau kerabat nya demi kesenangan pribadi.






   Oke langsung cara , untuk mengetahui cara mengunci folder ikuti saja langkah langkah berikut :

1. Pertama sobat hanya perlu mempersiapkan folder yang ingin di kunci, dan kali ini saya membuat folder baru untuk uji coba, saya saran kan juga sobat semua gunakan dulu folder baru atu folder kosong untuk uji coba agar menghindari hal - hal yang tidak di inginkan






2. Ke dua sobat masuk ke dalam folder tersebut lalu sobat " klik kanan dan pilih new dan pilih teks document " untuk lebih jelas nya lihat gambar di bawah :


3. Ke tiga setelah sobat membuat teks document sobat buka teks document itu lalu isi  dengan code di bawah ini :


cls 
@ECHO OFF 
title Folder Private 
if EXIST "HTG Locker" goto UNLOCK 
if NOT EXIST Private goto MDLOCKER 
:CONFIRM 
echo Are you sure you want to lock the folder(Y/N) 
set/p "cho=>" 
if %cho%==Y goto LOCK 
if %cho%==y goto LOCK 
if %cho%==n goto END 
if %cho%==N goto END 
echo Invalid choice. 
goto CONFIRM 
:LOCK 
ren Private "HTG Locker" 
attrib +h +s "HTG Locker" 
echo Folder locked 
goto End 
:UNLOCK 
echo Enter password to unlock folder 
set/p "pass=>" 
if NOT %pass%== zulfi23 goto FAIL 
attrib -h -s "HTG Locker" 
ren "HTG Locker" Private 
echo Folder Unlocked successfully 
goto End 
:FAIL 
echo Invalid password 
goto end 
:MDLOCKER 
md Private 
echo Private created successfully 
goto End 
:End

Catatan : teks yang berwarna merah ganti dengan pasword yang ingin sobat buat 


4. Setelah itu silahkan sobat simpan dengan nama locker.bat dan save as type nya di ganti all files



5.Setelah di simpan nanti nya ada ada sebuah file yang nama nya locker setelah ada file tersebut sobat klik 2x file tersebut lalu nanti akan muncul sebuah folder bernama private  nahh folder private ini lah yang nanti nya akan di gunakan sebagai tempat untuk file -file penting sobat.


6. Untuk mengetahui cara kerjanya silahkan sobat klik lagi file locker nya dan nanti nya akan tampil sebuah halaman cmd dan di sana sobat di suruh memilih Y/N pilih saja Y lalu enter

7. Setelah itu maka folder private pun akan hilang dan untuk membuka nya kembali silahkan sobat klik lagi file locker dan nanti akan di minta pasword yang sobat buat tadi untuk membuka folder, sobat ketikan saja posword yang sobat buuat tadi lalu enter . Dan nanti nya folder private tadi pun akan muncul kembali


Nahh seperti itu lah cara membuat kunci folder pada windows untuk selanjut nya silahkan sobat pindahkan saja file - file penting sobat  ke dalam folder private. 

   Oke mungkin sekian sedikit tutorial dari admin semoga tutorial ini bermanfaat bago sobat semua. ingat folder yang telah di buat kunci tidak akan bisa di hapus maka dari itu hati - hati dalam membuat folder kunci seperti ini. Silahkan sobat coba dan semoga berhasil.

loading...

0 Comments

Silahkan berikan komentar anda tentang artikel dan situs blog ini.
Terima kasih telah berkunjung
EmoticonEmoticon