cara membuat kabel jaringan LAN

baca cermati dan pahamilah lalu terapkan semoga bermanfaat
 CARA MEMBUAT KABEL JARINGAN LAN





         Oke sobat kali ini admin akan membahas tentang bagaimana cara untuk membuat sebuah kabel jaringan lan. Apa itu jaringan LAN ? jaringan lan adalah sebuah jaringan yang jangkauan nya tidak begitu luas hanya sebatas dalam lingkup yang kecil saja seperti dalam ruangan . Jaringan lan ini biasa nya terdapat pada sebuah warnet dll.


         Nahh di sini admin akan membahas tentang kabel jaringan lan . Dimana kabel ini adalah sebuah kabel yang sangat berpengaruh sekali dalam sebuah jaringan lan. Tanpa sebuah kabel sebuah jaringan lan tidak dapat berjalan seperti semestinya. 


        Tujuan kabel ini adalah untuk menghubungkan perangkat satu dengan perangkat yang lain. Kabel lan ini juga bisa dapat di gunakan sebagai alat untuk mentranfer data dari perangkat yang satu dengan perangkat yang lain. misal nya sobat ingin mengirim file dari komputer sobat dengan komputer lain nya , Sobat bisa menggunakan kabel LAN ini sebagai media untuk mentranfer data. Dengan cara menghubungakan kedua komputer dengan menggunakan kabel tersebut dan berikut nya tinggal menyeting sebuah alamat IP address dalam komputer tersebut.


        Ada dua jenis model kabel tersebut yaitu straight dan cross , perbedaan nya terletak pada media yang di hubungkan .Apabila alat yang di hubungkan model nya berbeda maka menggunakan kabel model straight dan apabila alat yang di hubungkan model nya sama maka menggunkan kabel ber model cross.


        Oke langsung saja untuk lebih jelas nya ikuti saja langkah - langkah berikut.


Alat dan bahan yang di butuh kan :


1. Sebuah kabel UTP ( panjang nya sesuai kebutuhan )

2. conector RJ-45
3. Alat tang crimping
4. Lan tester

Langkah -langkah :


1. Siapkan kabel UTP












        Siapkan kabel UTP dan kupas kulit kabel di bagian ujung nya . Setelah di kupas maka akan terlihat beberapa kabel - kabel kecil di dalam nya untuk lebih jelas nya lihat gambar di atas. Selanjut nya untuk membuat sebuah kabel jaringan LAN kita harus mengurut kan kabel -kabel kecil tersebut sesuai warna nya. Untuk urutan warna perhatikan penjelasan berikut :

Kabel straight :


1. Orange - putih
2. Orange
3. Hijau - putih
4. Biru
5. Biru - putih
6. Hijau
7. Coklat - putih 
8. Coklat

       Untuk sebuah kabel straigh kedua ujung kabel nya urutan warna nya sama.


Kabel Cross :


Ujung pertama :


1. Orange - putih 

2. Orange
3. Hijau - putih
4. Biru
5. Biru - putih
6. Hijau
7. Coklat - putih
8. Coklat

Ujung kedua :


1. Hijau - putih 

2. Hijau
3. Orange - putih
4. Biru
5. Biru - putih
6. Orange
7. Coklat - putih
8. Coklat

2. Pasang conector RJ - 45 





            






          



        
       Pasang konektor RJ-45 pada kabel utp yang telah di urutkan tadi . Dalam pemasangan ini harus hati - hati dan teliti karena rentang sekali mengalami kegagalan. pastikan kabel - kabel kecil yang di urutkan tadi menyentuh ujung dari konektor RJ - 45 dan menyentuh logam kuningan yang ada pada konektor RJ-45 .

3. Tang crimping





         












            




       

         


        Proses tang crimping ini juga harus hati-hati karena rentan sekali mengalami kegagalan. dan proses tang crimping ini juga proses yang penentu dari pembuatan kabel jaringan. Proses ini di lakukan dengan memasukkan konektor RJ-45 ke dalam celah yang sudah di sediakan di tang crimping lalu kita press agar RJ -45 menyatu dengan kabel UTP dan tidak terlepas

4. LAN tester





  



   













            





         


          LAN tester adalah sebuah alat yang digukan untuk mengetahui kabel jaringan tersebut dapat berfungsi atau tidak. Dan LAN tester ini merupakan proses terakhir dari sebuah pembuatan kabel jaringan. Cara kerja LAN tester ini adalah bola - bola lampu kecil yang ada pada lan tester yang kan menyala dan hal itu yang menandakan bahwa kabel jaringan tersebut berfungsi dengan sempurna atau tidak.

           Bila proses Lan tester sudah berhasil berarti sobat sudah berhasil membuat kabel jaringan. kabel jaringan yang sobat buat tadi adalah sebuah kabel yang bisa di gunakan untuk membuat suatu jaringan lan. biasa nya di gunakan di sebuah warnet. dan kabel ini juga bisa di gunakan untuk mentranfer file dari dua buah perangkat. dan masih banyak lagi kegunaan nya.


          Oke sobat mungkin sekian informasi dari admin bila ada hal - hal yang kurang jelas silahkan tinggalkan komentar sobat di bawah. Selamat mencoba dan semoga berhasil.


loading...

5 Comments

Thanks Gan Infonya, setelah baca tutor agan akhirnya saya jual sekolahan buat beli kabel LAN, makasih ya gan infonya. kapan kapan biikin tutor cara bernafas make perut..

This comment has been removed by the author.

tutorial yang bermanfaat gan .besok buat tutorial cara berak .
80juta bisa dapet apa gan

Artikel nya sangat luar biasa
http://tokokaranganbungabandung.com

Artikel nya sangat luar biasa
http://tokokaranganbungabandung.com

Silahkan berikan komentar anda tentang artikel dan situs blog ini.
Terima kasih telah berkunjung
EmoticonEmoticon